INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Senin, 01 Desember 2014

PENYERAHAN DANA PKBL TAHUN 2014 PERUM PERHUTANI KPH BANTEN

KPH Banten



Bertempat di aula kantor KPH Banten pada hari sabtu tanggal 29 November 2014 telah dilaksanakan acara seremonial penyerahan pinjaman modal kerja Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dan penyerahan bantuan Bina Lingkungan (BL) tahun 2014. Acara seremonial tersebut dipimpin langsung oleh Administratur/KKPH Banten Cucu Suparman, S.Hut  yang dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten dan Dinas Sosial Provinsi Banten. Kasi Pengelolaan Sumber Daya Hutan (PSDH) KPH Banten Arry Adhitya, S.Hut sebagai ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa Program Kemitraan Bina Lingkungan merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR)  Perum Perhutani.
Dalam sambutannya Arry Adhitya mengatakan tujuan penyerahan pinjaman modal kerja program kemitraan bina lingkungan yaitu, untuk menekan kesenjangan sosial pada masyarakat dalam perekonomian bidang usaha, tercapainya tingkat kemandirian dan peningkatan mutu produktivitas dalam usaha di masyarakat, peningkatan pendapatan dalam usaha dan kebutuhan hidup masyarakat dan tercapainya tingkat rasa turut bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian hutan di masyarakat serta turut tercapainya program program PHBM.



Dari hasil seleksi penilaian calon penerima modal kerja PKBL tahun 2014, akhirnya terpilih 13 orang sebagai calon penerima pinjaman modal kerja program kemitraan bina lingkungan tahun 2014, dengan total pinjaman sebesar Rp. 200.000.000 (dua ratus juta rupiah). Yang terdiri dari 5 sektor diantaranya : industri (35%), perdagangan (42%), pertanian dan perikanan (10%), perkebunan (8%) dan jasa lainnya (5%) dengan ketentuan pengembalian pinjaman dicicil selama 3 tahun (36 bulan), dengan jasa yang dibebankan adalah sebesar 6% per tahun. Adapun dasar pelaksanaan penyerahan pinjaman modal kerja program kemitraan bina lingkungan tahun 2014 adalah : UU No 19 tahun 1995 tentang pembinaan usaha kecil dan koperasi, Keputusan Direksi Perum Perhutani No. 525/Kpts/Dir  tahun 1993 tentang pelaksanaan pembinaan usaha kecil dan koperasi guna meningkatkan pendapatan masyarakat, SK Kementrian BUMN No. Kep -236/mbu/2003  tanggal 17 Juni 2003 tentang program kemitraan BUMN dengan usaha kecil dan program kemitraan bina lingkungan serta surat Kepala Divisi Regional Jawa Barat dan Banten No. 218/022.2/Angja/Divre janten tanggal 12 november 2014 perihal alokasi khusus anggaran biaya PKBL tahun 2014. Selain penyerahan bantuan pinjaman modal, diserahkan juga bantuan untuk mahasiswa IAIN Sultan Maulana Hasanudin sebesar Rp. 2.500.000.- (dua juta lima ratus ribu rupiah) yang berbentuk tanaman bakau sebanyak 500 batang dan bantuan paket sembako sebanyak 200 paket kepada Desa Sinarjaya yang diwakili oleh LMDH tani Rimba Jaya. 

Dalam sambutannya Administratur/KKPH Banten Cucu Suparman, S.Hut berharap, dengan adanya bantuan program kemitraan dan bina lingkungan ini diharapkan dana tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya sehingga bermanfaat bagi seluruh masyarakat desa sekitar hutan dan dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat. Cucu Suparman berharap agar program kemitraan ini dapat terus berjalan sesuai harapan maka untuk itu beliu berpesan agar dalam hal pengembalian program kemitraan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan atau perjanjian yang telah disepakati sehingga nantinya program ini dapat terus bergulir kepada yang lainnya. Sementara Dedi Sumirat Kss PHBM KPH Banten mengatakan mudah - mudahan program kemitraan untuk tahun 2014 ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar hutan dengan baik sehingga dengan bantuan modal ini usaha mereka dapat lebih berkembang lagi dan Dedi berharap juga agar pengembalian program kemitraan ini dapat berjalan dengan lancar karena apabila ini lancar maka untuk tahun yang akan datang akan dapat digulirkan lagi kepada masyarakat yang belum mendapatkannya, namun apabila macet maka program kemitraan untuk selanjutnya akan sangat sulit karena terhambat oleh yang belum melakukan mengembalikan. Pihak dari dinas kehutanan dan perkebunan serta dinas sosial provinsi Banten juga menyambut baik dengan adanya program ini, semoga program ini dapat terus dilakukan secara terus menerus agar masyarakat sekitar hutan yang ada diprovinsi Banten dapat meningkat kesejahteraannya.( Pepi.H /Yaya.K -  Hms Btn)
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar