INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Senin, 01 Desember 2014

HARI MENANAM POHON INDONESIA TINGKAT PROVINSI BANTEN TAHUN 2014

KPH Banten




Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (HMPI dan BMN) tahun 2014. Bertempat di Desa/ Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak tepatnya di SMU Negeri 1 Cimarga, pada tanggal 26 November 2014 Sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia bahwa setiap tahun pada tanggal 28 November dilakukan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional.
Tema peringatan HMPI dan BMN tahun ini adalah “Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan”. Dalam acara peringatan tersebut yang dihadiri oleh Plt. Gubernur Banten , Kapolda Banten, Bupati Lebak, Kementrian Lingkungan Hidup serta seluruh kepala dinas instansi/BUMN, BUMD, BUMS, Organisasi masyarakat, mahasiswa/pelajar, pramuka, tokoh dan masyarakat setempat yang ada diprovinsi Banten. Bertindak sebagai ketua pelaksana kegiatan yaitu Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan provinsi Banten bapak Ir. H.Suyitno, dalam sambutannya mengatakan bahwa maksud  dan tujuan adanya kegiatan HMPI ini diharapkan mampu menggalang serta memotivasi kepada seluruh komponen masyarakat yang ada diprovinsi Banten untuk mau ikut dan peduli dalam menanam serta memelihara tanaman. 

Selain itu tujuan dari HMPI itu sendiri adalah untuk mencegah banjir serta mengurangi pemanasan global yang saat ini menjadi isu di Dunia. Jumlah bibit yang ditanam dalam acara HMPI tahun 2014 ini sebanyak + 150.000 batang, yang rencananya akan di tanam tersebar diseluruh kecamatan yang ada dikabupaten Lebak provinsi Banten. Perum Perhutani yang merupakan salah satu BUMN yang bergerak dibidang kehutanan di provinsi Banten, dalam kegiatan HMPI ini ikut mendukung dengan memberikan bantuan bibit jenis Accacia mangium dan mahoni sebanyak  + 5.000 batang dengan tinggi rata-rata 30 cm Up.
Sementara Endang Sulaeman, BScF Wakil Adm Banten Barat yang didampingi oleh Dadi Mulayadi, BScF Waka Adm Banten Timur mengatakan pada tahun 2014 ini Perum Perhutani KPH Banten sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan dalam RKAP (Rencana Kerja Anggaran Perusahaan) tahun 2014, akan melaksanakan penanaman rutin sebanyak 3.176.373 batang terdiri dari jenis Jati dan Rimba dengan luas + 2.589,83 Ha yang tersebar di wilayah kabupaten lebak dan pandeglang.
Cucu Suparman, S.Hut Adm Perhutani/KKPH Banten mengatakan Perum Perhutani telah melakukan penanaman pada kawasan hutan yang ada di KPH Banten dengan berbagai jenis tanaman sehingga penutupan kawasan hutan yang ada di KPH Banten sangat bagus dan Cucu Suparman juga berharap dalam memperingati HMPI ini diharapkan masyarakat disekitar kawasan hutan yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) menjadi pelopor dalam bekerjasama dengan petugas Perum Perhutani untuk melakukan penanaman pada lokasi - lokasi tanah milik masyarakat yang tidak ada tanamannnya, dan diharapkan kedepannya masyarakat memiliki tanaman-tanaman yang dapat dijadikan sumber pendapatan sehingga kedepan masyarakat di sekitar kawasan hutan akan lebih sejahtera lagi ( Pepi.H /Yaya.K -  Hms Btn)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar