INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Selasa, 02 Desember 2014

KOMANDO TABUR BENIH DI KPH CIAMIS TAHUN 2014



Ciamis-Perhutani ( 2/12) Guna meningkatkan produktivitas dan nilai lahan, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH)  Ciamis  mengadakan komando tabur benih di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH ) Ciamis tepatnya di Petak 48 RPH Cikoneng BKPH Ciamis Sebanyak 6 (enam ) Bedeng tabur . Pinus  yang ditabur  di  bedeng tersebut akan disebar di wilayah RPH Cikoneng BKPH Ciamis.

Kegiatan rutin tahunan yang diberi nama komando tabur benih Ciamis 2014  tersebut, dihadiri langsung oleh Kepala Biro Pembinaan SDH Ir, Bambang Catur,MM  dan Administratur Perhutani KPH Ciamis Ir.Bambang Juriyanto,MM, Asper Ciamis, Asper Banjar Selatan, Karyawan  dan Mandor Lapangan.

 Administratur KPH Ciamis Ir. Bambang Juriyanto  mengucapkan selamat Datang kepada Kepala Biro pembinaan SDH Ir.Bamabang Catur,MM di lokasi persemaian petak 48 RPH Cikoneng BKPH Ciamis. Tujuan dari komando tabur benih ini adalah untuk bisa menyamakan persepsi persemaian mulai dari kualitas benih sampai bibit yang siap tanam yang nantinya bisa akan menjadi suatu bahan tanaman yang bisa diharapkan sampai ahir daur,  tentunya  bisa di sadap dengan optimal. Ada 4 faktor kesuksesan tanamn yaitu :  Bibit yang siap tanam,  persiapan lapangn yang memadai, Persiapan SDM yaitu selalu membawa petunjuk kerja, dipahami , dilaksanakan dengan baik, dan Tata waktu ditepati.





Bambang Juga menambahkan Dengan adanya kegiatan tabur benih ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas. Dipilihnya jenis Pinus , karena Pinus  merupakan satu jenis tanaman yang menjadi primadona perhutani terutama dalam kegiatan sadapan ungkap Bambang (2/12) .



Kepala Biro Pembinaan SDH Ir.Bambang Catur,MM dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada KPH Ciamis atas kelulusan surveilance PHL  yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita bahwa pengelolaan hutan lestari mutlak diperlukan sebagai bagian menejemen di internal Perhutani. Masalah tanaman tahun 2014 diharapkan kepada seluruh jajaran terutama yang berkaitan dengan penanaman di KPH Ciamis agar persiapan lapangan diperhatikan, saya harapkan pelaksanaan tanaman ini selesai  pekerjaan tananmn ini pada  tanggal 31 desember 2014.   ,



Hasil evaluasi tanaman lepas kontrak tahun 2012 yang berasal dari tanaman tahun 2009, banyak realisasi tanaman yang persentase tubuhnya kurang bagus ditujukan dari ketinggian rata-rata pohon dan persentase tumbuh.  Hasil evaluasi lepas kontrak juga di Divisi Regional Jawa barat dan banten ini ada selisih 1.802 ha ini karna tidak dilaksanakan penanaman, diharapakan kepada pihak yang menyusun RTT agar mempertimbangkan aspek teknik dan sosial karana banyak kegaggalan tanaman ini akibat tenurial dan gangguan keamanan.


Secara persentase  tanamnan yang dikatakan sangat baik 61% baik  9% dan yang   Cukup 28% . yang menjadi permasalahan tanaman yaitu pengurangan luas karna perencanaan awal kurang tepat, tingkat keberhasilan tanaman pengisi, kualitas tanaman kurang baik, gangguan keamanan, pemeliharaan 4 dan 5 tahun secara evektip, jumlah SDM diharapkan dengan jumlah SDM yang ada dapat dioptimalkan . Kita sebagai bisnis kehutanan adalah pendapatan dari kayu dan non kayu makannya keberhasilan tanaman menjadi unsur yang mutlak, pinus misalnnya menjadi usur yang sangat penting mendukung hasil getah, gondorukem dan terpentin. kedepananya mari kita perbaiki dari aspek perencanaan pengawalan proses dan evaluasi. “Pungkas bambang .(bun humas ciamis )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar