INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Jumat, 31 Oktober 2014

Kesepakatan Bersama Isu Lingkungan Konservasi Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat



Penandatangan kesepakatan
Cianjur, 31 Oktober 2014. Sebagai Implementasi Peraturan Presiden No 54 Tahun 2008 Tentang Penataan Ruang Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur. Program Study Magister Ilmu Lingkungan Universitas Padjadjaran, Perhutani KPH Cianjur, Kepala BLHD Kab Cianjur, Kepala Desa Cijedil, Kepala Dusun Pameungpeuk dan LMDH Desa Cijedil melaksanakan kesepakatan bersama dalam isu lingkungan konservasi dan pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat.


Kesepakatan ini di tandatangani pada tanggal 28 Oktober 2014 di Ball room Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur.Obyek kesepakatan ini adalah kawasan hutan Negara yang dikelola oleh Perhutani KPH Cianjur petak 49,50, 51,52, 53,54, 55 RPH Cijedil BKPH Cianjur, termasuk dalam wilayah administratif Pemerintahan Desa Cijedil Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini bertujuan memelihara kawasan resapan air untuk menjaga fungsi hidrologi, mencegah erosi, mencegah banjir, sedimentasi serta mengurangi dampak bencana alam geologi.
 
Sebelum penandatanganan kesepakatan ini telah dilaksanakan serangakaian pertemuan, diskusi, dan survey lapangan rentang waktu bulan april - September 2014. Kesepakan ini disepakati oleh para pihak dalam pengelolaan perlindungan sumberdaya alam berbasis masyarakat, mengurangi tekanan pada ekosistem, pengkayaan jenis-jenis tanaman pada ekosistem binaan.

Rencana dari program ini adalah Pengembangan kelembagaan (Revitalisasi, kelembagaan LMDH), Pembangunan kapasitas sumberdaya manusia (Pelatihan komposting, Pengkayaan jenis tanaman, pemanfaatan sumberdaya lokal untuk kerajinan tangan), Pengetahuan dan edukasi konservasi lingkungan (kampanye lingkungan) dan sebagai program jangka panjang adalah  Pemberdayaan penghasilan ekonomi alternatif (pemanfaatan sumberdaya lokal untuk kerajinan tangan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar