INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Rabu, 15 Oktober 2014

KPH Indramayu Membagikan Sharing Kayu



INDRAMAYU : Pada tanggal 10 Oktober 2014 bertempat di Aula Kantor KPH Indramayu, telah diselenggarakan pembagian sharing kayu yang berasal dari Tebangan A, B dan E Tahun 2012 kepada 6 (enam) LMDH lingkup KPH Indramayu, yaitu LMDH Rimba Raya dari Desa Loyang Kecamatan Cikedung,  LMDH Wana Baru dari Desa Bantarwaru Kecamatan Gantar, LMDH Jaga Mulya dari Desa Sukaslamet Kecamatan Kroya, LMDH Wana Makmur dari Desa Jatimunggul Kecamatan Trisi, LMDH Wana Bhakti Lestari Desa Sanca Kecamatan Gantar dan LMDH Hutan Makmur Desa Cikawung Kecamatan Trisi.
Pada acara tersebut dihadiri oleh Kepala Biro Perlindungan SDH dan Kelola Sosial Divisi Regional Jabar & Banten (Ir.Taufik Hidayat), yang mewakil Kepala Divre Jawa Barat & Banten yang berhalangan hadir, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Indramayu Joko Pramono yang mewakili Bupati Indramayu, perwakilan  Kodim 0616 Indramayu serta segenap Asper/KBKPH lingkup KPH Indramayu.

Pada kesempatan tersebut, Agus Yulianto, S.Hut selaku Administratur/KKPH Indramayu, dalam sambutannya mentik beratkan pada berbagi sharing dan berbagi peran sesuai dengan hak dan kewajiban yang tertuang dalam PKS. 
Sedangkan Kadis Kehutanan dan perkebunan, Joko Pramono  mengatakan bahwa sharing yang diterima LMDH dapat diimplementasikan dalam kegiatan produktif. Kadis kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Indramayu juga telah mencanangkan program pendidikan berbasis lingkungan untuk SD, SLTP dan SLTA dengan motto “Kecil Menanam, Besar Memanen”. 


Sementara itu Kepala Biro Perlindungan Hutan dan Kelola Sosial Ir. Taufik Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa sharing adalah serangkaian proses dalam berbagi peran dari input yang dikerjasamakan. Besar kecilnya sharing yang dibagikan sangat dipengaruhi oleh besarnya output dari SDH yang ada. Apabila terjadi penurunan nilai sharing, maka telah terjadi degredasi SDH. 

Untuk itu Karo Lin SDH dan Kelola Sosial mengajak kepada LMDH untuk meningkatkan peran masing-masing pihak, sehingga potensi SDH tetap terjaga dan bisa menghasilkan secara optimal.

Besarnya sharing kayu yang dibagikan semula direncanakan sebesar Rp. 58.988.295, tetapi berdasarkan hasil verifikasi Tim KPH Indramayu pada tanggal 2 Oktober 2014, bahwa sharing kayu terkoreksi menjadi Rp. 45.241.000, Pengurangan pembagian sharing terjadi di LMDH Rimba Raya yang dinilai kurang dalam berbagi peran, yaitu : a. Kurang aktif dalam kegiatan LMDH (pertemuan, perondaan/pengamanan hutan, persemaian swadaya); b. Terjadi perluasan bibrikan di wilayah HPD-nya (garapan liar kebun tebu); c. Keberhasilan pembuatan tanaman rendah  (tanaman 2010 – 2013 seluas 1.017,57 Ha mengalami kegagalan seluas 571,39 Ha/56 %).  

Terkait hal tersebut maka LMDH Rimba Raya yang  semula akan menerima sharing sebesar Rp. 26.383.602 hanya menerima Rp. 12.664.128 (50 %) dan yang 50 % nya diserahkan kembali kepada Perum Perhutani sebagai salah satu bentuk tanggung jawab moral.

Setelah penyerahan sharing, acara dilanjutkan dengan penandatangan PKS Tanaman oleh LMDH, yang kemudian diserahkan ke masing-masing Asper/KBKPH oleh Administratur/KKPH Indramayu. Acara diakhiri dengan do’a dan foto bersama. Hum / IDR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar