INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Senin, 17 November 2014

SOSIALISASI DAN PENYULUHAN HUKUM TENTANG KAWASAN HUTAN NEGARA



Sosialisasi dan Penyuluhan hukum
Cianjur, 18 November 2014. Kawasan Hutan yang dikelola oleh Perhutani KPH Cianjur, merupakan Kawasan Hutan Negara seluas 70.064,40 Ha, yang terdiri dari Hutan Produksi (HP) seluas 45.804,64 Ha dan Hutan Lindung (HL) seluas 24.259,76 Ha, yang tersebar di  Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Purwakarta. Wilayah ini berpotensi besar terjadi tenurial/sengketa dengan masyarakat sekitar hutan, perorangan maupun Badan Hukum.



Tenurial merupakan fenomena yang terjadi dalam pengelolaan kawasan hutan negara yang harus segara ditangani secara serius dan berkelanjutan. Sosialisasi merupakan salah satu cara penanganan tenurial yang sampai saat ini di bilang ampuh. 

Perhutani KPH Cianjur pada tanggal 12 November 2014, melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan hukum tentang Kawasan Hutan Negara bertempat di Bale Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur, yang membawahi Hutan Pangkuan Desa (HPD) RPH Cikalongkulon BKPH Ciranjang Utara dengan tenurial/kawasan yang disengketakan seluas ± 228,55 Ha. 

Sosialisasi ini di hadiri oleh Muspika Kecamatan Cikalongkulon, Kepala Desa Mekarmulya, LMDH Desa Mekarmulya, tokoh masyarakat, masyarakat penggarap kawasan hutan negara, Wakil Adm/KSKPH Cianjur Utara (Korkam), KSS PHBM, Kaur hugra, Asper/KBKPH Ciranjang Utara dan bertujuan untuk pencerahan/penyadaran masyarakat penggarap kawasan hutan/pihak yang berkonflik terhadap kawasan hutan negara yang tidak bisa dimiliki sebagai hak milik tetapi bisa di garap melalui sistim pola PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat).

Diskusi masyarakat dan nara sumber
Pada kesempatan ini 29 orang masyarakat penggarap kawasan hutan menandatangani surat pernyataan pengakuan kawasan hutan seluas  ± 16,75 Ha, dari total  ± 228,55 Ha tenurial di RPH Cikalongkulon berkurang yang sebelumnya ada pernyataan pengakuan kawasan hutan dari masayarakt penggrap seluas ± 40,96 Ha, sisa tenurial di RPH Cikalongkulon BKPH Ciranjang Utara seluas ± 171,34 Ha. 

Wakil Adm/KSKPH Cianjur Utara (Korkam) Dudu Abdulah, Bscf menegaskan kita jangan bosan-bosan melaksanakan sosialisasi terhadap masyarakat penggarap kawasan hutan agar tenurial yang terjadi saat ini bisa berkurang bahkan bisa sampai hilang sama sekali begitu harapannya.

Asto/hmscjr

1 komentar:

  1. SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

    BalasHapus