INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Selasa, 25 November 2014

KPH CIAMIS RAIH PENGHARGAAN PADA ACARA HARI MENANAM POHON INDONESIA

Wagub Jabar Berjabat Tangan Dengan
Administratur/KKPH Ciamis
KPH Ciamis – Selasa 25 Nopember 2014 bertempat di Desa  Tanjungkerta Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya Wagub Jabar, Deddy Mizwar mencanangkan Hari Puncak Aksi Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional. Dalam kegiatan tersebut wakil gubernur Jawa Barat memberikan penghargaan kepada lomba pemenang penanaman pohon ,lomba penghijauan  konserpasi alam dan lomba wana lestari.  “Administratur KPH Ciamis Ir.Bambang Juriyanto  dan Mandor Tanam BKPH Cijulang Iwan Mustofa  kembali dapat penghargaan  sebagai Pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Jawa Barat tahun 2014. Acara dilanjutkan di lanjutkan dengan penyerahan bibit tanaman kepada para siswa pelajar SMP dan SLTA, dan masyarakat sekitar desa Tanjungkerta.


Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan kegiatan penanaman ini rutin kita laksanakan setiap tahun, sebagai sarana edukasi peningkatan kepedulian kemampuan berkemandirian masyarakat akan pentingnya menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan sekaligus mengajak seluruh komponen masyarakat untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan sebagai upaya mitigasi perubahan iklim serta merehabilitasi hutan dan lahan, karna banyak sekali di beberapa tempat pelibatan masyarakat itu dikesampingkan banyak bantuan – bantuan dari CSR pemerintah yang menanam hanya pejabat pemerintahan, kelompok masyarakat setempat tidak dilibatkan, sehingga tidak ada sebuah aksi yang berkelanjutan. 

“ Dedi juga menambahkan bahwa isu pemanasan gelobal masih menjadi pembahasan dari sejumlah negara di Dunia suhu udara yang semakin panas, meningkatnya muka air laut, perubahan iklim yang exstrim, terganggunya produksi pangan, meningkatnya potensi bencana alam hingga potensi gangguan kesehatan merupakan subtema dari pemanasan gelobal tersebut Sebagai dampak degradasi hutan.

Propinsi jawa barat merupakan propinsi curah hujan tertinggi di dunia tetapi mengapa musim panas belum berlalu beberapa daerah kabupaten sudah mengalami kekeringan musim panas belum berlalu beberapa sungai debit air derastis sangat  turun dan bahkan sumber air bersih buat kehidupan di beberapa daerah sudah sulit didapatkan, ini menunjukan adanya kerusakan alam disatu sisi kita menanam pohon di  sisi lain kerusakan secara masif di beberapa kabupaten. Apa lagi kalu nanti perda yang mengatur beberapa wilayah metropolitan di jawa barat , maka tidak bisa lagi dibendung  industri semakin meningkat bagaimana ketahanan pangan kita maka jabar selatan menjadi agrobisnis tetapi juga terjadi pusat penambangan yang luar biasa tidak ter kontrol.

Wakil gubernur jawa barat berharap seluruh kepala daerah sudah mulai bisa mengawasi dengan ketat karna ini merupakan ancaman jangka panjang kalau di biarkan tanpa penanaman pohon dan membiarkan kerusakan penambangan dan industri limbah serta lingkungan hidup sebetulnya kita sedang dalam proses merampas hak hidup generasi yang akan datang menurut wakil gubernur  jawa barat dedy mizwar tidak ada cara lain kita maju terus melawan dengan penegakan hukum yang jelas, yang tegas sebab kalu tidak dilakukan khawatir kita masuk neraka, penanaman ini merupakan zihad karna memelihara kehidupan generasi yang akan datang dan diam berarti merampas hidup mereka.  

Oleh sebab itu aksi penanaman melalui gerakan penanaman satu miliyar pohon secara nasional harus kita upayakan bersamasebagai salah satu upaya yang epektif untuk menhindari dampak pemanasan gelobal, hal ini sejalan juga dengan komitmen indonesia kepada dunia yang disampaikan persiden republik Indonesia pada KTT perubahan iklim dunia di Copenhagen yaitu untuk menurunka emisi gas rumah kaca sebesar 26 % dengan upaya sendiri atu sampai 21% dengan dukungan internasional pada tahun 2020.

Di propinsi jawa barat pada tahun 2011 telah menanam sebanyak (Seratus Dua Puluh Lima Juta) lebih pohon , pada tahun 2012 telah menanam (Dua Ribu Empat Ratus Sembilan Juta ) lebih pohon pada tahun 2013 telah menanam (Seratus Empat Belas Juta)  lebih Pohon sedangkan untuk tahun 2014 sampai dengan bulan November ini (Tiga Puluh Dua Koma Delapan Juta) Lebih Pohon. 

“ Kita harapkan dapat mencapai target baik yang di data oleh pemerintah Non pemerintah maupun dana CSR dengan jumlah pohon yang ditanam lahan kritis di jawa barat dapat dikurangi. Hal  yang tidak kalah penting dari penanaman pohon yang sudah kita lakukan yaitu pemeliharaan secara berkesinambungan tidak hanya sekedar menanam tetapi juga kita pelihara agar pohon dapat tumbuh dengan baik. Pungkas deddy Mizwar.

Usai pemberian bibit tanaman, Wakil gubernur Jawa Barat  , melakukan kunjungan ke Stand Pameran ,  dan dilanjutkan dengan melakukan penanaman pohon, diikuti para pejabat dan undangan lainnya. (bun humas ciamis ) 

1 komentar:

  1. SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

    BalasHapus