INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Senin, 10 November 2014

PERUM PERHUTANI KPH TASIKMALAYA SERAHKAN UANG SHARING PRODUKSI KAYU Rp. 139.103.188, KEPADA 18 LMDH KAB./KOTA TASIKMALAYA



Sebagai bentuk Implementasi dari SK Direksi Perum Perhutani No. 436/KPTS/DIR/2011 yang disahkan bulan juli  tahun 2011, tentang Pedoman Berbagi Hasil Hutan Kayu, Perum Perhutani KPH Tasikmalaya dengan konsisten telah mengimplementasikan isi dari Surat Keputusan Direksi tersebut berupa Sharing Produksi Kayu antara Perum Perhutani dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), sebesar Rp. 139.103.188, yang menerima sharing sebayak 18 LMDH dari Hasil  Produksi Kayu Tebangan Tahun 2012.
Dana Sharing tebangan yang diterima oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)/KTH sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama, diantaranya untuk Pengamanan Hutan, Pemberdayaan Lembaga Koprasi, Pembangunan Infrastruktur Desa, Kesehatan dan Pendidikan, Bantuan Sosial Kemasyarakatan, Pengembangan Usaha Produksi, Monitoring dan Evaluasi dan Anggota Kelompok.

Kegiatan penyerahan sharing produksi kayu  dalam bentuk uang yang dilaksanakan   Di Desa Karangjaya Kecamatan Karangjaya tanggal 10 nopember 2014, dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan,  Administratur/KKPH Tasikmalaya Berserta Jajaran, Muspika Kec. Karangjaya, Kepala Desa dan LMDH yang terkait, Sesepuh /Tokoh Agama, Pemuda, Masyarakat  dan tamu undangan.                                     

Bupati Kab. Tasikmalaya yang diwakili oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Drs. H.Heri Sogiri, MM menyampaikan  sharing kayu merupakan bentuk dari kewajiban Perum Perhutani dan tanggung jawab moral yang harus diberikan kepada Masyarakat Desa Hutan melalui LMDH karena atas partisipasinya dalam program PHBM, sehingga dengan adanya dana sharing produksi kayu agar digunakan pada kegiatan lebih baik, baik sebagai modal koprasi atau bentuk usaha lainnya, dan kami harapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar hutan. 


Sesuai dengan Visi dan Misi Perum Perhutani yang sangat memperhatikan masyarakat, baik dari segi Sosial maupun ekonomi. Selanjutnya kami harapkan kerjasama yang sinergis antara Perhutani, Pemerintah Daerah serta Masyarakat Desa Hutan, untuk bersama-sama menjaga dan memelihara sumberdaya hutan, antara lain sumber-sumber mata air secara utuh, karena air  sebagai sumber kehidupan.

Lembaga Masyarakat Desa hutan yang ada di wilayah KPH Tasikmalaya, yang di Akta Notariskan, sebanyak 123 LMDH/Desa/Kelurahan di 33 Kec. Kabupaten/Kota Tasikmalaya. Bilamana hutan yang menjadi objek kerjasama ini kita jaga bersama dan pelihara bersama ,nantinya hutan akan menjadi lestari dan terjaga. Kemitraan antara LMDH dengan Perum Perhutani diharapkan bisa terus berjalan agar pelestarian sumber daya hutan dapat dibangun bersama.

Administratur KKPH Tasikmalaya, Ir.Henry Gunawan, MSi  dalam arahannya menyampaikan, kedepan pola PHBM ini dapat bermanfaat bagi pembangunan masyarakat desa sekitar hutan dan juga lebih memperkuat kepercayaan semua pihak dalam menjaga, mengelola dan melestarikan serta mengamankan hutan, yang mana kesejahteraan masyarakat desa hutan kedepan semakin meningkat, seiring dengan nilai bagi hasil yang dari tahun ketahun semakin meningkat. 

Bagi Kepala Desa, sebagai penanggung jawab LMDH, agar melaksanakan pengawasan secara melekat, supaya  LMDH yaang ada diwilayahnya dapat dijadikan motor pembangunan perekonomian yang lebih baik.

Sharing bagi hasil kayu tersebut, didasarkan atas perjanjian kerjasama yang telah dibuat antara Perhutani dengan LMDH, sesuai ketentuan yang ada di Perum Perhutani. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian sosial Perum Perhutani dan membantu perekonomian MDH sebagai mitra kerja. Dengan pola kerjasama seperti ini, diharapkan MDH lebih terbina dan ada rasa memiliki hutan, sehingga tidak  melanggar fungsi keberadaan hutan yaitu ekologi, ekonomi dan sosial. 


Dengan adanya kolaborasi Pengelolaan Sumber Daya Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) yang melibatkan semua stakeholder secara langsung menumbuhkan rasa tanggung jawab semua pihak, yang akhirnya kelestarian hutan dapat terjaga dengan baik.

Secara simbolik Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Drs. H.Heri Sogiri, MM didampingi Administraturur Ir Henry Gunawan Msi, menyerahkan hasil sharing Produksi kayu sebesar Rp. 139.103.188, kepada sdr. H Harun sebagi ketua LMDH Karangjaya, Desa Karangjaya Kec Karangjaya.

1 komentar:


  1. SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

    BalasHapus