INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Senin, 17 November 2014

KERJASAMA PEMANFAATAN AIR KPH SUMEDANG DENGAN TIRTA MEDAL



(Humas KPH Sumedang, Nopember 2014 ) Berbagai ragam jasa dan barang dihasilkan dari kawasan hutan, baik berupa manfaat tangible maupun manfaat intangible, yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi, sosial-budaya dan perlindungan ekologis. Hasil hutan kayu, bukan kayu, serta jasa lingkungan merupakan barang dan jasa ekosistem hutan yang keberadaan nilai korelasi manfaatnya saling berkaitan seperti bila tegakan hutan rusak maka jasa lingkunganpun akan rusak atau hilang.


Jasa lingkungan hutan yang belum dimanfaatkan dengan baik akan menyebabkan meningkatnya laju degradasi ekosistem hutan, padahal makin tinggi laju degradasi ekosistem hutan maka nilai jasa lingkungan pun makin menurun. Dalam hal ini jasa lingkungan dapat dianggap sebagai output dari kualitas kinerja ekosistem hutan. Salah satu jasa lingkungan dari dalam kawasan hutan adalah air.

Dengan adanya potens-potensii jasa lingkungan yang berada dalam kawasan hutan, perum Perhutani KPH Sumedang  telah mengapreasikan potensi tersebut dengan cara kerjasama pemanfaatan sumber air dari dalam kawasan hutan dengan PDAM Tirta Medal Kabupaten Sumedang. 

Secara langsung Perum Perhutani KPH Sumedang sejak tahu 2009, melalui kerjasama pemanfaatan Jasa Lingkungan telah memberikan manfaat ekologi lingkungan kepada masyarakat Sumedang, dimana hampir 40% penduduk Kabupaten Sumedang telah menggunakan air yang disalurkan oleh PDAM Tirta Medal. 

Dari kerjasama tersebut terdapat nilai konvensasi sebesar 88 juta/Tahun yang akan digunakan  untuk pemeliharaan dan peningkatan kualitas lingkungan oleh Perum Perhutani sebagai pengelola kawasan hutan.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar