INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Jumat, 28 November 2014

KPH CIAMIS PERTAHANKAN SERTIFIKAT FSC

KPH Ciamis –“Sertifikat pengelolaan hutan lestari ( Sustainable Forest Management) standar internasional  Forest Stenwerdsip Council (FSC) dapat dipertahankan oleh KPH Ciamis setelah dilaksanakan Audit Surveillance III yang dilaksanakan dari tanggal 12 – 14 November 2014 dengan auditor dari SGS QUALIFOR yaitu Zaenal Abidin dan Langlang Tata Buana.



Pada hari ini Jum’at 14 November 2014 Administratur KPH Ciamis Ir. Bambang Juriyanto, MM menjelaskan bahwa proses sertifikasi  Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) KPH Ciamis sudah berlangsung dari mulai GAP ASSESMEN Maret 2014, INTERNAL  ASSESMEN 1 Desember 2004, INTERNAL ASSESMEN 2 Mei 2005, PRE ASSESMEN Pebuari 2008, MAIN ASSESMEN Pebuari 2008, RE ASSESMEN Agustus 2009. Temuan saat Main Assesmen tahun 2009: 2 Major Car, 17 Minor dan 1 Observasi. Kemudian pada bulan 27 Mei 2012 Sertifikat dapat diperoleh dengan nomor sertifikat SGS-FM/COC-009418 berlaku untuk 5 tahun ( 2012 s/d 2016 )dengan syarat setiap tahun dilakukan audit dan pada bulan Desember tahun 2012 dilaksanakan Audit Surveillance I dengan temuan : 4 Major Car, 4 Minor Car dan 6 Observasi, Audit Surveillance II dilaksanakan bulan Desember 2013 dengan temuan : 1 Major Car dan 6 Observasi Sedangkan pada Audit Surveillance III yang baru saja selesai dilaksanakan dengan temuan 4 Minor dan 3 Observasi dengan hasil Audit tersebut alhamdulilah Sertifikat masih dapat dipertahankan dan siap mempertahankan KPH Ciamis sebagai KPH yang bersertifikat FSC.

Kegiatan sertifikasi standar FSC merupakan kegiatan voluntary penerapan pengelolaan hutan lestari. Sertifikat FSC merupakan bentuk pengakuan internasional bahwa Perhutani KPH Ciamis telah terstandarisasi mengelola sumberdaya hutan dan lingkungan secara berkelanjutan sesuai 10 prinsip dan kriteria FSC.

Pengelolaan hutan lestari merupakan Komitmen khususnya Perhutani KPH Ciamis dalam Pengelolaan hutan yaitu selain mengelola produksi hasil hutan juga melakukan pengelolaan sosial dan lingkungan. Sertifikat FSC ini merupakan sertifikat ke 3 yg berhasil dipertahankn kph ciamis.
Bambang menambahakan Perinsip Pengelolaan Hutan Lestari di Perhutani menjadi kewajiban bagi semua , Karena prinsip-prinsip yang dianut merupakan prinsip sustainability yang wajib dilakukan oleh Perhutani untuk menuju perusahaan ekselen secara nasional maupun internasional .
(bun humas ciamis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar