INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Jumat, 28 November 2014

JAJARAN KEAMANAN DAN LMDH DI KPH CIAMIS SIAP AMANKAN 162,19 Ha TERESAN JATI SIAP TEBANG



KPH Ciamis-  Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang berada di Perum Perhutani KPH Ciamis siap amnkan Tersesan Jati, membagi Tugas dalam membentuk regu pengamanan yang bertugas secara khusus melakukan pengawasan seluas 162,19 Ha jumlah pohon 16,421 dengan target Produksi 12.624M3 kayu jati yang sudah diteres (dimatikan), dan siap tebang berlokasi di empat  Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) yang ada KPH Ciamis. ( 2811)

Tegakan jati yang sudah diteres tahun 2014 itu, menurut KSS Perencanaan KPH Ciamis Hendardi mengatakan teresan di KPH Ciamis  sudah mengering, dan jati teresan itu tinggal batang/pohon dan rantingnya.

Teresan jati yang ada di KPH ciamis berada di 4 BKPH yaitu BKPH Banjar Utara 7 petak dengan luas 61,35 Ha, sebanyak 7.409 pohon dengan target produksi 5019 M3, BKPH Banjar Selatan 3 petak luas 30,43Ha dengan jumlah pohon 2.367 target produksi 2.661 M3, BKPH Pangandaran 7 Petak luas 57,91Ha, jumlah pohon 5816 target Produksi 4.185 M3 dan BKPH Cijulang sebanyak 2 petak luas 12,50Ha Jumlah pohon 829 dengan  target Produksi 760 M3. Tegakan jati itu, rencana akan ditebang  pada tahun 2015, Tegakan jati teresan seluas 162,19 Ha hektar tersebut sudah dimatikan sejak  awal tahun2014.

Menurut Hendardi, sebelum dilaksanakannya teresan di adakan dulu Job training pelaksanaan tebangan teresan,  karena dalam melaksanankan teresan perlu tenaga terlatih dengan teknis khusus saat meneres tegakan jati, sehingga dihasilkan jati teresan dengan kualitas  yang tinggi,   dibanding tebangn tanpa teresan, sehingga perlu pengamanan khusus, maka jajaran  Polhut bersama lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) mengamankan secara khusus tegakan jati yang diteres,  pelaksanaan penebangannya  akan dimulai pada awal Januari tahun 2015.  “jelasnya (28/11)

Ketua LMDH Mustika Ardi mengatakan kegiatan  pengamanan di kawasan hutan merupakan kewajiban kami selaku  Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH ) untuk mengamankan aset negara  selain itu kami juga  sudah ada nota kesepahaman (MoU) antara perhutani KPH Ciamis dengan LMDH, dan kami juga selaku LMDH mendapatkan bagi hasil  sharing dari kegiatan produksi/hutan tersebut.  “Jumlah anggota LMDH Mustika sebanyak 65 orang, kami melaksanakan pengamanan hutan bersama dengan Pihak perhutani dengan cara bergilir baik siang maupun malam hari . " tandasnya. (bun humas ciamis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar