INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Selasa, 25 November 2014

KITA HARUS SEPERTI JARING LABA-LABA

Semangat untuk saling menjaga hutan mengemuka pada acara penyerahan dana sharing kayu KPH Bandung Utara. LMDH menyampaikan komitmennya untuk lebih mengawasi hutan yang masuk dalam wilayah pangkuan desa.

Kegiatan CSR Perhutani KPH Bandung Utara kembali digulirkan. Kali ini melalui penyerahan dana sharing kayu tahun 2012. Acara berlangsung di Aula kantor KPH Bandung Utara 15 Oktober 2014.
Hadir pada acara tersebut Administratur KPH Bandung Utara Wismo Tri Kancono, Wakil Adminsitratur KPH Bandung Utara Aan Darsana, perwakilan Perhutani Divisi Regional Jawa Barat-Banten (Divre Janten), jajaran pimpinan dilingkup KPH Bandung Utara, serta perwakilan Lembaga Masyaraakat Desa Hutan (LMDH).


Besaran dana sharing mencapai Rp 42.423.772,00. Dana tersebut diserahkan kepada 8 LMDH. Dana diserahkan secara simbolik oleh Administratur KPH Bandung Utara.
Dikatakan Wismo, pembagian sharing merupakan wujud dari hubungan saling menguntungkan antara KPH Bandung Utara dengan LMDH. Untuk itu Wismo berharap peran LMDH lebih optimal lagi dalam menjaga kawasan hutan.

“ Kedepan jangan lokasi yang ditebang saja yang diawasi, tapi semua wilayah yang masuk hutan pangkuan desa kita harus jaga sama-sama agar tetap lestari dan terjaga. Kita harus seperti jaring laba-laba, kalau ada yang hinggap bergetar semua,” ujar Wismo.

Berbicara peran LMDH, secara umum dijelaskan berbagai perwakilan LMDH jika peran LMDH sejauh ini terus bertumbuh. Tidak hanya menjaga hutan di wilayahnya masing-masing, LMDH juga terus mengoptimalkan kontribusi positifnya dimasyarakat, diantaranya melalui dana sharing yang digunakan untuk kegiatan positif.

“Sepanjang yang kami tahu hampir di semua LMDH, dana sahring digunakan untuk hal yang bermanfaat.  Seperti pembangunan sarana pendidikan, olah raga dan fasilitas umum lainnya,” jelasD rukman dari LMDH Jaga Wana Lestari. Sebelumnya penyerahan dana sharing kayu telah dilakukan selama 2 kali. Secara keseluruhan telah 3 kali KPH Bandung Utara menyerahkan hasil saharing kayu, dengan total dana mencapai 110 juta rupiah lebih.

KSS PHBM PHBM dan PKBL Divre Janten Rodiana Rahman menjelaskan sinergitas antara Perhutani dengan LMDH juga harus mendorong tumbuhnya usaha-usaha produktif masyarakat. “ Dana sharing ini bisa dimanfaatkan untuk usaha-usaha produktif,” ujar Rodiana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar