INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Jumat, 05 September 2014

Asper/KBKPH Rangkasbitung Juara III Terbaik Tingkat Nasional Dalam Perlombaan Wana Lestari Tahun 2014

KPH Banten - Perwakilan dari Perum Perhutani KPH Banten Drs. Syahjidin Noor, Asper/KBKPH Rangkasbitung mendapat kesempatan  untuk mengikuti kompetisi perlombaan Wana Lestari Tingkat Nasional tahun 2014. 

Dalam perlombaan tersebut yang diikuti oleh beberapa KPH, baik dari Divisi Regional Jawa Tengah, Jawa Timur dan Divisi Regional Jawa Barat & Banten. Pelaksanaan Penilaian perlombaan tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Kehutanan dan Direksi Perum Perhutani, dengan kriteria penilaian kinerja mulai dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2014, baik secara administrasi maupun lapangan, termasuk koordinasi dengan steakeholder yang ada diwilayah kerjanya.

Sementara itu wilayah kerja Asper/KBKPH Rangkasbitung meliputi, RPH Muncang, Cileles dan RPH Muncang dengan luas wilayah kerja 7.433,12 Ha. Wilayah Administratif kerja BKPH Rangkabitung meliputi  8 Kecamatan dan 28 Desa, yang seluruhnya  berada di Kabupaten lebak dan berbatasan dengan wilayah Ulayat Baduy luar. 

Sehingga dalam melaksanakan kegiatannya Asper/KBKPH Rangkasbitung yang berkedudukan di Kabupaten, harus pintar - pintar membagi waktu, antara koordinasi dengan Dinas/Instansi terkait dan pekerjaan dilapangan. Selama menjalankan tugasnya sampai dengan saat ini Syahjidin Noor dapat melaksanakan tugas-tugas dilapangan dengan baik seperti (Pembuatan Persemaian, Tanaman, Pemeliharaan, Keamanan, Produksi, serta penanganan tenurial). 

Kemudian dalam program pemberantasan buta aksara di Kab. Lebak, Syahjidin Noor Asper KBKPH Rangkasbitung juga ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, ini merupakan salah satu wujud nyata Perhutani dalam ikut mensejahterakan masyarakat desa sekitar hutan. Dalam program ini Perhutani juga bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Harapan Maju dengan mengadakan pelatihan Calistung (baca, tulis dan hitung) yang dilaksanakan di gubuk kerja diwilayah RPH Cileles. 

Sasaran yang dituju dalam program ini salah satunya adalah warga masyarakat Baduy luar (anak-anak dan orang tua), bertindak sebagai tutor/pengajar adalah Asper/KBKPH Rangkasbitung, Ketua LMDH dan TPM PHBM sdr. Irman. Kemudian hasil dari program itu sendiri alhamdulilah sudah beberapa warga baduy yang sudah bisa membaca dan menulis, dan saat ini Syahjidin dan Irman (TPM PHBM) sedang berupaya mengusulkan kembali serta berkoordinasi dengan dinas UPT Pendidikan Kec. Cimarga untuk menyusun program pemberantasan buta aksara pada tahun 2015. 

Sehingga dalam Perlombaan Wana Lestari ini Syahjidin Noor mendapat predikat Juara III Katagori tingkat Asper/KBKPH  Terbaik dan beliau berkesempatan untuk ikut menghadiri Peringatan 17 Agustus 2014 di Istana Negara dalam acara penyerahan piagam dari Menteri Kehutanan Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Cucu Suparman, S.Hut (Adm Perhutani/KKPH Banten)  mengatakan dengan terpilihnya Syahjidin Noor sebagai Asper/KBKPH terbaik tingkat Nasional ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan untuk KPH Banten, karena sudah 2 tahun terakhir ini KPH Banten mendapat Predikat baik di Tingkat Nasional dalam Bidang Kehutanan. 

Mudah-mudahan hal ini merupakan pemicu atau motivasi untuk Asper, KRPH dan Mandor yang ada di KPH Banten, untuk dapat bekerja lebih baik lagi dalam semua bidang pekerjaan, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik untuk Perusahaan dan Negara dengan menjalankan semua kebijakan pimpinan demi peningkatan pendapatan dan peningkatan sumber Daya Hutan di KPH Banten. 

(Hms Btn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar