INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Senin, 23 September 2013

Bergiat Menabuh Tuah Kearifan Lokal

KPH BANDUNG UTARA - Kehadiran hal-hal yang mencerminkan kearifan lokal Sunda di Cikole Jayagiri Resort terasa makin masif. Setelah pagelaran angklung, kali ini sederet tampilan kearifan lokal tumpah ruah dalam gelaran peringatan HUT RI 68.

Pakaian serba hitam dan ikat kepala khas Sunda yang dikenakan karyawan KPH Bandung Utara pada perhelatan upacara peringatan HUT RI ke 68, menjadi pembeda dengan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan sebelumnya. Tema pelestarian kearifan lokal (local wisdom) memang sengaja diusung KPH Bandung Utara.

Apa gerangan yang membuat KPH Bandung Utara kepincut mengusung kearifan lokal Sunda pada perayaan HUT RI kali ini ? Ya, kekayaan yang bersumber dari kearifan lokal Sunda memang tengah digaungkan KPH Bandung Utara. Upaya ini tiada lain untuk memperkaya cakrawala tentang pengelolaan hutan di wilayah KPH yang dikenal dengan hutan pinusnya yang eksotik.

“ Tema ini mengingatkan bahwa nilai kearifan lokal itu luhur. Ada Tritangtu dan sustainable development juga ada dalam kearifan lokal kita. Seperti di Kampung Naga itu ada hutan larangan dan lainnya, dan itu merupakan prinsip pengelolaan hutan lestari. Semangat ini yang mau kita angkat,” kata Administratur KPH Bandung Utara Tri Lastono di Cikole Jayagiri Resort.

Lebih dari itu, KPH Bandung Utara juga mendorong kearifan lokal menjadi komponen yang bisa meningkatkan daya jual produk wisata KPH Bandung Utara. Berbagai budaya kaulinan (permainan) Sunda seperti egrang, sapintrong, gebug bantal, dan kuliner sunda seperti karedok , buntil, ulukuteuk leunca, oyek sampe dan oseng pucuk pakis khas Cikole yang memeriahkan peringatan ulang tahun kemerdekaan RI kali ini, akan dihadirkan melalui kemasan festival Budaya Sunda. Rencananya festipal kearifan lokal sunda akan dijadikan kalender even tahunan di Cikole Jayagiri Resort.

Sementara itu menurut Wakil Admninistratur KPH Bandung Utara Ida Saepudin spirit kearifan lokal berhasil menciptakan suasana yang cair dan penuh keakraban antar sesama karyawan.

“ Momentum ini benar-benar kami manfaatkan untuk meningkatkan kebersamaan dan  kekompakan. Kita bisa komunikasi langsung, membahas berbagai keluhan. Dan ini benang merahnya jelas dengan usaha mencapai target. Harus ada kebersamaan,” ujar Ida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar