INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Selasa, 03 Februari 2015

Perhutani Gandeng Pertamina Lestarikan Hutan


TASIKMALAYA PERHUTANI, Dalam rangka membangun sinergitas antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya dengan Pertamina merencanakan kerjasama pelestarian hutan baik didalam kawasan hutan maupun diluar kawasan hutan, rencana tersebut akan dilaksanakan mulai bulan pebruari tahun 2015.

Rencana kerjasama disampaikan pada acara pertemuan di kantor Pertamina (02/02/15) dengan dihadiri pejabat Perhutani dan Pertamina. 



Dalam acara pertemuan, fihak Pertamina mempresentasikan tentang program pelestarian hutan dan pemberdayaan masyarakat, sedangkan perhutani mempresentasikan tentang kawasan hutan yang dikelolanya.

Kepala Pertamina Tasikmalaya, Lambok Tambunan, dalam presentasinya memaparkan bahwa Pertamina mempunyai program pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui program Comporate Social Responsibility (CSR), dengan hal tersebut kami mengundang fihak Perhutani yang berkompeten di bidangnya dan merealisasikan mengajak Perhutani untuk bekerjasama tentang pelestarian dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan.

Pelestarian hutan ini merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan untuk melestarikan lingkungan hidup dan mencegah bencana alam. Sedangkan untuk kebutuhan SDM dan rencana teknis serta pelaksanaannya pertamina menyerahkan sepenuhnya kepada perhutani yang memahami dalam bidangnya. Rencana program ini diharapakan minimal dapat berjalan dalam jangka waktu 3 tahun yang selanjutnya tiap tahun akan dievaluasi, kata Lombok, menjelaskan.

Sebagai tindak lanjut kerjasama, tambah Lombok, akan dilakukan cek lokasi bersama sama oleh tim yang sudah dibentu oleh masing masing pihak, dan selanjutnya pada bulan ini direncanakan akan melakukan penghijauan di dalam kawasan hutan sebagai tahap awal .

Administratur Perum Perhutani KPH Tasikmalaya, Ir. Henry Gunawan Msi, kami sepakat untuk melakukan rencana kerjasama yang diawali dengan MoU antara perhutani dengan pertamina, diharapan kerjasama ini dapat terealisasi sesuai yang telah diagendakan. Sedangkan untuk teknis kegiatan akan dibentuk tim bersama antar Perhutani dan Pertamina dengan tujuan supaya fokus terhadap program yang dilaksanakan dan adanya kejelasan penangungjawab, serta tupoksi dalam pelaksanan kegiatan tidak terjadi mis komunikasi kedua belah pihak.

kerjasama yang sangat baik dan positif semacam ini menurut Henry, nantinya tidak hanya penghijauan tetapi ada kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan dan diharapakan bisa dilaksanakan secara berkesinambungan. Sehingga dengan program ini, kawasan hutan dan luar kawasan hutan dapat menjadi paru-paru Tasikmalaya ,

Sementara manfaat lainnya dengan penghijauan ini, secara tidak langsung mampu mengurangi pemanasan global, sekaligus juga dapat menciptakan suasana lingkungan yang teduh, nyaman, asri dan menumbuhkan semangat bagi masyarakat untuk sama-sama berupaya menjaga, memelihara, dan melestarikan lingkungan.Jelas Henry.

Asep Jb ( Hms Tasik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar