INFORMASI PUBLIK

Majalah internal Divisi Regional Janten (DADALI) kini telah tersedia dan dapat di download dengan format PDF

PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JABAR & BANTEN

  • Menuju Kehumasan Perum Perhutani Divisi Regional Janten Yang Handal
  • Rapat kepengurusan Pramuka Sakawanabakti (Munuju generasi muda yang mulia)
  • Apel siaga pengamanan hutan dan kesemaptaan Divisi Regional Jawa Barat & Banten tahun 2014
  • Kegiatan persemaian bibit pohon guna reboisasi
  • Kegiatan Penanaman Pohon guna Reboisasi dan rehabilitasi lahan
  • Kegiatan jumpa pers bersama wartawan media cetak & elektronik se Jawa Barat

Rabu, 19 Februari 2014

KPH Ciamis mempertahankan sertifikat PHL FSC di Tahun ke-2

CIAMIS.  Saat ini, salah satu prestasi KPH Ciamis di mata Perhutani adalah dengan diperolehnya Sertifikat Dunia sebagai KPH yang dapat mengelola hutan dengan lestari (PHL). Di Tahun ke-2 setelah diperoleh sertifikat tersebut,  KPH Ciamis kembali diaudit pada tanggal 16 s.d. Desember 2013.

Persiapan  menghadapi Audit PHL di tahun ke-2 cukup matang dan baik dipersiapkan oleh jajaran Pokja dan PIC PHL KPH Ciamis. Budi Shohibuddin selaku Administratur menyatakan “Bahwa dengan ditemukannya hanya satu Major Car , kami sudah cukup lega karena pemenuhan terhadap temuan tersebut pada 23  Januari 2014 sudah dinyatakan lulus oleh Auditor dari SGS ”. Lagi-lagi  Usman Tafiv, Wakil Administratur selaku Ketua Pokja PHL pun kerap kali dalam setiap kesempatan senantiasa memuji dan bangga dengan SDM KPH Ciamis “Memang tidak diragukan lagi SDM KPH Ciamis ternyata lebih unggul dan potensial .”
Yuyu Rahayu Kasi PSDH pun yang sudah banyak makan asam garam dengan PHL di Ciamis sangat apresiatif terhadap jajaran PIC dan Pokja PHL. “Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan peran serta segenap jajaran PIC yang telah mempertahankan kembali Sertifikat PHL FSC tetap dipertahankan  KPH Ciamis di tahun ke-2 ini.”
“Kendati demikian kami cukup deg-degan juga menghadapi audit kemarin, ya namanya juga diperiksa siapa yang tidak tegang? Tapi kami sudah terbiasa dengan itu semua...” ungkap Dede Hendra selaku KSS Lingkungan dengan leganya. Cowok kalem yang berkacamata ini pun kembali mengungkapkan bahwa perolehan Sertifikat PHL ini akan sangat berdampak pada kegiatan lainnya. “Terbukti dengan banyaknya permintaan daya beli kayu dari KPH Ciamis karena sudah bersertifikat FSC. Belum lagi berpengaruh terhadap sistem peningkatan kesejahteraan karyawan di Perhutani.” Namun tidak sedikit pihak yang masih belum memahami manfaat diperolehnya Sertifikat PHL ini bahkan masih ada yang memandang PHL sebagai bagian yang ekslusif. Dengan adanya PHL maka pekerjaan pun lebih dibenahi, karena segala sesuatu harus tertib administrasi dan jelas SOP nya. Terkesan  dengan adanya pembenahan di PHL maka nambah kerjaan.
Kalau kita kembali ke belakang, bahwa dari tahun 2004 s.d. saat ini PHL sudah mendarah daging di KPH Ciamis. Membangun kesadaran memang memerlukan waktu. Budi S menyatakan “ Banyak KPH lain yang untuk study banding ke KPH Ciamis. Dan tidak sedikit juga KPH lain yang mendatangkan Petugas Ciamis untuk menjadi Pengajar.”ujarnya.
Kasi PSDH, Yuyu Rahayu di akhir  pembicaraannya menegaskan “Dengan dipertahankannya Sertifikat  di Tahun 2013 bukan berarti pekerjaan PHL sudah selesai.  Masih berlanjut terus karena setiap tahun pun akan senantiasa diaudit sampai dengan tahun ke-5. Jadikan pekerjaan PHL bukan hanya sebagai pemenuhan KEWAJIBAN semata, tapi dapat meningkat statusnya menjadi sebuah KEBUTUHAN.” tegasnya. 
(yani S/phl staf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar